manfaat kulit jeruk lemon

Buah lemon, atau yang juga dikenal dengan nama jeruk sitrun, merupakan jenis jeruk yang sering digunakan dalam seni tata boga dunia. Jeruk lemon, tampilannya sangat memikat dengan kulit buah berwarna kuning cerah. Pohon jeruk lemon berukuran sedang dan bisa mencapai tinggi 6 meter. Tumbuhan ini sangat cocok ditanam di daerah beriklim kering dengan musim dingin yang relatif hangat. Buan jeruk lemon sering dijadikan penyegar dan pengusir bau amis pada daging juga ikan. Tak hanya buahnya saja yang sering digunakan sebab ternyata manfaat kulit jeruk lemon juga beragam. Komponen jeruk lemon yang sering dianggap limbah ini ternyata memiliki banyak fungsi dalam kehidupan sehari-hari kita. Jangan Buang Kulit Lemon Anda!

Kulit lemon memiliki banyak manfaat yang tak kalah dari buahnya. Karena itu, jangan pernah membuang kulit lemon Anda. Simak beberapa manfaat kulit jeruk lemon berikut ini yang pasti akan membuat Anda tercengang. Manfaat tersebut antara lain :

    Sebagai pembersih bekas teh dan kopi. Untuk membersihkan bekas teh dan kopi yang menempel di dalam teko atau gelas, Anda bisa mengisi wadah teh tersebut dengan air, kemudian tambahkan segenggam potongan kulit lemon dan didihkan. Matikan kompor dan diamkan hingga 1 jam. Buang air dan bilas bagian dalam teko. Untuk teko kopi, tambahkan es, garam dan kulit lemon ke dalam teko, kocok 1-2 menit, buang kemudian bilas.
    Membantu membersihkan microwave. Kulit lemon juga bisa digunakan sebagai pengganti pembersih untuk melenyapkan kotoran yang melekat di dalam oven. Caranya sederhana. Pertama masukkan kulit lemon ke dalam mangkuk microwave. Kemudian isi setengah bagian mangkuk dengan air, lalu masak dalam suhu tinggi selama 5 menit. Biarkan didihan air kulit lemon mengembun pada ruang bagian dalam microwave dan setelah mangkuk dikeluarkan, Anda tinggal membasuhnya saja.Menghilangkan bau sampah. Kulit lemon bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau di area sekitar pembuangan sampah di dapur. Cukup simpan potongan kulit jeruk lemon di area tempat sampah dan tunggu beberapa saat, bau sampah akan lenyap.
Sebagai penggosok bahan khrom. Timbunan mineral di dalam keran air atau barang lain yang terbuat dari bahan khrom bisa diperhalus atau bahkan dihilangkan dengan cara menggosokkan setengah bagian lemon. Setelah selesai, bilas dan keringkan dengan kain.
Pengharum ruangan. Pasti Anda sudah familiar dengan berbagai pewangi ruangan berbahan citrus yang dijual di pasar. Jika Anda ingin memangkas anggaran rumah tangga, cobalah untuk membuat pewangi ruangan alami dari kulit lemon. Caranya cukup sederhana. Pertama, masukkan saja potongan kulit lemon ke dalam sebuah wadah berisi air, kemudian didihkan perlahan dengan api kecil. Cara ini bisa untuk mengharumkan ruangan dan juga bisa melembabkan.
Melunakkan gula merah. Tak hanya potongan apel saja yang bisa melunakkan gula merah, ternyata kulit lemon juga memiliki manfaat yang sama. Tetapi pastikan agar kulit lemon bersih sebelum dimasukkannya ke dalam kantung gula. Sifat lembab pada kulit lemon akan melunakkan kerasnya tekstur gula merah.Membantu mengusir serangga pengganggu. Tahukan Anda, bahwa banyak hama benci akan sifat asam yang terdapat dalam lemon. Sehingga jika Anda ingin mengusir hama, cukup cincang kulit lemon, lalu letakkan di dekat lubang, jendela, atau  titik manapun yang menjadi jalan masuk bagi semut atau hewan kecil lainnya.
Sebagai penambah rasa. Baik itu dalam keadaan segar maupun kering sampai dalam keadaan beku sekalipun, kulit lemon selalu bisa menyedapkan olahan makanan secara alami.  Rasanya yang khas membuat parutan atau cincangan kulit lemon biasa digunakan para koki professional  ke dalam kuliner seperti salad, ikan, bahkan sajian cake dan jugaroti.
Sebagai penghias hidangan. Kulit lemon bisa dibentuk sedemikian rupa agar menambah tampilan hidangan Anda. Bentuk tersebut bisa memanjang, spiral,berbetuk bunga, atau bentuk lainnya sesuai selera Anda.
Bubuk ekstrak lemon memiliki manfaat yang beragam. Pada prinsipnya, ekstrak bubuk lemon berasal dari kulit lemon yang telah diolah. Jika Anda tertarik membuatnya, caranya cincang kulit jeruk lemon dan pastikan Anda telah membuang sari putihnya (karena memiliki cita rasa pahit). Kemudian keringkan dengan meletakkannya di atas piring selama 3-4 hari. Setelah itu masukkan ke dalam blender dan hancurkan hingga berbentuk serbuk. Mudah kan? Bubuk ekstrak jeruk lemon ini bisa untuk menyedapkan makanan, menambah rasa lemon pada gula dan juga komponen dapur lain seperti merica. Tak Percaya? Coba saja taburkan bubuk ekstrak tersebut ke wadah gula atau merica. Manfaat Kulit Jeruk Lemon untuk Kesehatan

Masih banyak manfaat kulit jeruk lemon lainnya khususnya bagi kesehatan dan kecantikan. Manfaat tersebut antara lain menurunkan kadar kolesterol dengan cara dikonsumsi. Kulit jeruk lemon mengandung senyawa Polifenol flavonoid yang dikenal bisa membantu menurunkan kolesterol LDL. Vitamin C dan P juga terkandung di dalam kulit lemon. Kedua vitamin ini bisa  membantu membersihkan pembuluh darah. Bila pembuluh darah bersih, potensi timbulnya penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi, jantung dan diabetes bisa ditekan. Selain melawan koleterol, diabetes dan hipertensi, ternyata kulit lemon juga ampuh menghalau kangker karena mengandung alvestrol Q40 dan limonene. Komponen tersebut melawan sel-sel kanker yang tumbuh di dalam tubuh. Selain itu, kandungan flavonoid di dalam kulit lemon sangat efektif membatasi perkembangan sel kanker.

Tak berhenti di situ, kulit jeruk lemon juga ternyata bisa merangsang motabolisme tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tulang, memperbaiki sistem pencernaan, melawan bakteri di dalam mulut, menangkal radikal bebas sampai melawan obesitas. Untuk yang senang melakukan perawatan wajah, manfaat kulit jeruk lemon untuk kecantikan antara lain melawan pigmentasi, keriput, bintik gelap, dan juga jerawat. Bagaimana, masih sanggup membuang kulit lemon?

0 Response to "manfaat kulit jeruk lemon"

Posting Komentar