Khasiat, Kandungan dan Manfaat Buah Kurma

Khasiat, Kandungan dan Manfaat Buah Kurma – Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Pohon Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kemungkinan pada awal 4000 SM.

Buah yang dihasilkan oleh pohon kurma dikenal sebagai buah kurma. Bentuk buahnya lonjong-silinder dengan panjang 3-7 cm, berdiameter 2-3 cm dan ketika masih muda warnanya merah cerah ke kuning terang, tergantung dari jenisnya. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

Kandungan Buah Kurma

Kurma memiliki daftar panjang kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Kurma matang mengandung gula sekitar 80%, sisanya terdiri dari protein, lemak dan produk mineral termasuk tembaga, besi, magnesium dan asam folat.  Kurma kaya dengan serat dan merupakan sumber kalium yang sangat baik.  Lima butir kurma (sekitar 45 gram) mengandung sekitar 115 kalori, hampir semuanya dari karbohidrat.

Khasiat dan Manfaat Buah Kurma

Para ahli gizi juga mengatakan bahwa buah ini juga mengandung kalium. Zat yang sangat berguna menjaga kesehatan jantung dan pembulu darah. Fungsi menralnya membuat denyut jantung teratur, mengaktifkan kontraksi otot, dan mensyabilkan tekanan darah. Berikut ini beberapa manfaat lain dari buah kurma, yaitu :

    Jika dimakan tanpa membuang kulitnya, dapat melancarkan pencernaan dan mencegah peradangan usus.
    Bagi perempuan menyusui, kandungan zat besi dan kalsium dalam kurma dapat menambah kuantitas air susu.
    Kurma pun berperan membantu pembentukan darah dari sumsum tulang bagi bayi yang disusui.
    Kurma dipercaya memberi tambahan tenaga untuk ibu hamil.
    Menurut penelitian, jus kurma dapat memperkuat urat-urat rahim, sehingga proses melahirkan menjadi lebih mudah. Juga mengurangi pendarahan ketika melahirkan serta menguatkan organ rahim.
    Fakta membuktikan, bayi yang disusui ibu yang rajin mengkonsumsi kurma, akan tumbuh menjadi anak yang cerdas.
    Sangat baik untuk mengatasi masalah sembelit, lemah otot, letih, stress, dan pegal.
    Membantu menguatkan daya ingat.
    Kurma dapat menambah nafsu makan dan seksual
    Zat besi dan hidrat arang yang terkandung cukup baik bagi penderita anemia dan lesu kronis.
    Mempunyai andil menghangatkan badan dan meningkatkan daya kerja otak.

0 Response to "Khasiat, Kandungan dan Manfaat Buah Kurma"

Posting Komentar