Tips Menghindari Bibir Kering dan Pecah-pecah Ketika Puasa

Port Warta - Saat puasa tubuh kekurangan asupan air, sehingga dapat terjadi dehidrasi. Dehidrasi tidak hanya bisa terjadi pada tubuh tapi juga berpengaruh pada kulit. Kulit menjadi kering dan bersisik.

Biasanya bibir menjadi bagian tubuh yang paling terasa kering dan pecah-pecah. Jangan khawatir, meski tidak mendapat asupan cairan dari dalam, namun bibir bisa tetap lembab dengan tips berikut ini.1. Perbanyak Makan Buah
Perbanyaklah makan buah saat berbuka dan sahur. Buah akan menggantikan cairan yang hilang selama Anda tidak makan dan minum. Mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk, mangga atau kiwi bagus untuk membuat kulit tubuh dan bibir lebih lembab.

2. Hindari Makan Pedas dan Asin
Saat berbuka puasa dan sahur hindari makanan pedas dan terlalu asin. Kedua jenis makanan ini dapat menyebabkan bibir dan mulut kering. Selain itu mengonsumsi makanan asin dan pedas malah membuat Anda cepat haus.

3. Gunakan Lip Balm
Cara lain mencegah bibir kering adalah rajin mengaplikasikan lip balm. Carilah pelembab bibir yang sifatnya emolian seperti vaseline, yang berbahan dasar lemak hewani, untuk memberikan kelembaban ekstra.

4. Jangan Bernapas dari Mulut
Bernapaslah dari hidung. Menurut dr. Lawrence E. Gibson, M.D, seorang dermatologis dari Mayoclinic, bernapas dari mulus menyebabkan bibir menjadi kering.

5. Hindari Menjliat Bibir
Bibir yang kering memang membuat seseorang jadi tersu menjilatnya. Padahal itu tidak baik bagi bibir. "Menjilat bibir akan merusak pelindung pada bibir. karena mengandung enzim yang semakin membuat bibir jadi kering,"

6. Menggunakan Cara-cara Alami
Sempatkanlah untuk merawat bibir menggunakan bahan-bahan alami. Anda bisa mengoleskan bibir dengan madu menjelang tidur yang didiamkan semalaman. Bisa juga menempelkan kantung teh basah pada bibir dan diamkan selama lima hingga 10 menit. Cara tersebut dapat meningkatkan kelembaban pada bibir.

1 Response to "Tips Menghindari Bibir Kering dan Pecah-pecah Ketika Puasa"