Tips Mudik Lebaran Yang Aman Dan Nyaman

Meski lebaran masih lama, sekitar 9 minggu lagi, tetapi tidak ada salahnya kalo kita membahas tips tentang ‘pulang kampung’. Pulang kampung ialah salah satu ‘tradisi’ yang tak pernah lepas dari kebiasaan masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang sedang merantau ke ibukota.

Persiapan mudik atau pulang kampung pun harus diperhatikan baik-baik, terutama berkaitan dengan kondisi fisik. Karena dengan kondisi fisik/kesehatan yang baik dapat menciptakan perasaan aman dan nyaman selama perjalanan menuju kampung halaman.

Satu hal yang tak kalah penting ialah kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk mudik. Pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan bagus, aman dan nyaman dan siap ‘tempur’.
 
berikut Tips-Tips yang ipersiapkan saat mudik :

a. Kondisi Tubuh

Pastikan kondisi tubuh kalian dalam kondisi yang fit. Terutama bagi driver. Usahakan untuk memeriksakan kondisi badan sebelum berangkat ke kampong halaman, terutama untuk yang memiliki riwayat penyakit tertentu. Dan jangan lupa untuk membawa serta obat-obatan yang diperlukan.

Jika merasa kondisi stamina mulai menurun jangan memaksakan diri untuk tetap melanjutkan perjalanan. Karena jika memaksa, akan dapat membahayakan keselamatan diri sendiri. Lebih baik beristirahatlah di posko-posko mudik yang telah disediakan.

b. Kondisi Kendaraan dan Perlengkapan yang Diperlukan

Kondisi kendaraan yang akan digunakan pun harus diperhatikan. Usahakan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu ke bengkel untuk mengetahui apakah kendaraan dalam keadaan prima dan ‘siap tempur’. Pengecekan bisa dimulai dari tekanan ban, oli, dan lainnya. Bawa sikring (fuse) jika diperlukan.Siapkan pula peta mudik dan pastikan peta mudik anda telah update. Atau bisa juga menggunakan GPS untuk memandu anda mencapai kampung halaman.

c. Bekal

Siapkan bekal makanan dan minuman yang cukup, terutama yang akan mudik dengan membawa serta sang buah hati. Jangan mudah menerima pemberian makanan/minuman dari orang yang tidak dikenal.

d. Packing Barang/Muatan

Satu hal yang tak luput untuk diperhatikan, ialah packing. Susunlah barang-barang yang akan kalian bawa berdasarkan tingkatan penggunaannya. Letakkan barang yang memiliki kemungkinan besar untuk digunakan pada bagian paling atas atau pada posisi yang mudah dijangkau/dikeluarkan. Agar disaat ingin digunakan tidak repot lagi untuk melakukan bongkar pasang.

Dan satu hal yang kadang terabaikan oleh para pemudik ialah membawa muatan yang terlalu banyak sehingga mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Hindari untuk membawa barang yang berlebihan dengan alasan apapun. Karena itu akan sangat membahayakan keselamatan dalam berkendara. Bawalah barang-barang yang sangat dibutuhkan saja, untuk barang-barang seperti oleh-oleh bisa dikirimkan melalui pengiriman paket dengan menggunakan jasa pelayanan pengiriman paket.e. Alat Komunikasi

Yang tak kalah pentingnya saat mudik ialah alat komunikasi. Alat komunikasi seperti handphone usahakan selalu dalam keadaan aktif, agar memudahkan kalian dalam melakukan panggilan jika diperlukan dan jangan lupa untuk membawa charger-nya. Pastikan pula sebelum melakukan perjalanan yang jauh, handphone sudah dalam keadaan terisi penuh.

f. Obat-obatan

Jangan lupa untuk membawa obat-obatan yang biasanya digunakan. Terutama untuk obat-obatan anak.

0 Response to "Tips Mudik Lebaran Yang Aman Dan Nyaman"

Posting Komentar