Indonesia Miliki Laboratorium Live Cell Imaging

Kabar membanggakan kembali hadir. Saat ini Indonesia telah memiliki laboratorium di bidang Live Cell Imaging. UI-Olympus Bioimaging Center merupakan nama dari laboratorium tersebut yang merupakan hasil kerjasama antara Universitas Indonesia (UI) dengan Olympus Singapura.
Laboratorium ini dilengkapi dengan teknologi mutakhir seperti Research Inverted Microscope (IX73); Biological Confocal Laser Scanning Microscope (FV 1200); Confocal Laser Scanning Biological MicroscopeFor Live Cell Time-Lapse Imaging with an Incubator and a Water-Immersion Objective (FV10i-LIV) serta image analysis and processing.

Dengan teknologi tersebut, laboratorium ini dapat digunakan untuk melakukan kegiatan riset sel punca, rekayasa jaringan, pengembangan vaksin, pengembangan herbal medicine, biomaterial, bioproses serta riset yang memerlukan pengamatan melalui interaksi live cell.

Saat peluncurannya pada hari Rabu (21/05), Farida Haryoko selaku Kepala Kantor Komunikasi UI mengatakan, rencananya akan diadakan pelatihan agar periset dapat menguasai pemakaian alat laboratorium dengan baik.

Sebelumnya, laboratorium serupa telah dibangun, seperti The Olympus Microsopy Suite Singapore di Institute of Medical Biology (IMB), Olympus Bioimaging Center (OBC) di Mahidol University dan Olympus Live Cell Imaging Suite di University Putra Malaysia (UPM).

UI-Olympus Bioimaging Center sendiri berada di lantai tiga gedung Integrated Laboratory and Research Center (ILRC) yang merupakan sebuah gedung khusus yang disiapkan sebagai sarana kegiatan riset yang dikelola oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UI.

,
Sumber : mediaberita

0 Response to "Indonesia Miliki Laboratorium Live Cell Imaging"

Posting Komentar