Melindungi file exe

Portwarta-dengan file aslinya ketika kita kompress, Tapi jangan pernah berfikir kalau apa yang udah di pack ga bakal bisa dibalikin lagi ke awalnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk me-unpack suatu file yang telah dilindungi.

Kayak ASPack di FAQ (Frequently Asked Questions) pagenya bilang kalo file yang udah di pack ama dia ga bakal bisa dibalikin lagih ke kondisi awal , dan itu cuman omong kosong belaka… karena ngeunpacknya semudah step satu , dua , tiga… kita bisa ngeunpack nya dengan unpacker yang udah banyak dirilis ama para reverser dunia seperti ASPack Die, atau juga manual menggunakan debugger seperti Ollydbg , SoftICE , IDAPRO dll . Jadi pelajarannya disini adalah , JANGAN PERNAH MENYOMBONGKAN DIRI , KARENA BANYAK ORANG YANG LEBIH PINTAR DILUAR SANA DAN GAK NYOMBONG. Karena gak ada yang seratus persen aman… Kecuali komputernya dimatiin , dan dikubur , ato dibakar .. hehehe Sadis ;-p

+ Jadi apa donk yang bisa aku lakukan paling gak untuk melindungi software bikinanku, soalnya kan aku punya hak atas software aku ..?? Hmmm… ada beberapa opsi sih… dari sisi programming , seperti mengurangi penggunaan API ( Application Programming Interface ), bikin anti dump anti ini anti itu dan anti-anti yang lainnya ( hehehehe kebanyakan antinya gak ada yang pro dump yah ?? ^_^ becanda ), sampai yang paling gampang yah ngegunain software exe protector yang juga udah banyak disediain ama programmer2 yang ringan tangan ( ngasi gratis maksudnya ..) sampai yang versi komersil juga ada.. diantara protector2 tersebut diantaranya ada Exe Stealth (comersil ) , Yoda’s Protector ( Gratis + Source Code …. baek banget yah… ^_^ ) , dan Gie Protector ( ehemm… ehemm promosi nech… hehehe tapi aku ga sebaik Askbiz Dahenkar yang bikin Yoda’s Protector alnya aku hanya ngasi gratisannya tanpa menyertakan source code… muuf yah …(^_^;) .

+ Okey sekarang kita nyobain ngebuktiin step2 singkat ngeunpack ASPACK ( dan beberapa packer lainnya caranya sama ) dengan Plugin PeID Generic Unpacker yang ada di software PeiD 0.94. Okey sekarang kita pack dulu software kita pake ASPack.Lalu kita scan pake PeID .

+ Lalu klik tanda panah di sudut kanan bawah ( -> ) Lalu Plugins , dan PeID Generic Unpacker , Trus diminta OEP ( Original Entry Point ) nya , dan kita klik detect ajah , kalo udah kedetect trus klik unpack. Dan Udah deh.. beres.. Tinggal liat hasilnya dia bikin file baru dengan nama “namafile.exe.unpacked_.exe” contohnya : Polyprog.exe.unpacked_.exe karena make imprec ( import reconstructor ) yang udah ada di plugin untuk me-rebuild nya. Setelah itu kita cek lagih filenya pake PEiD , dan bakal keliatan file kita itu dibikin pake apah. Dan tentunya, yang terpenting , filenya bisa jalan dengan normal.

+ Trus gimana ?? biar aku rada tenang ?? Yah … belajarlah programming yang gituan ( maksudnya apah ??? hehehe .. aku juga bingung.. ) yaaa… gitu deh.. yang katanya Advanced – Advanced begituh… buat protect sini protect situh… di internet ada kok… asal rajin nyari… Jangan melulu minta dikasi tau yah !! hehe. Tapi kan butuh waktu banyak lagi buat mempelajari teknik programming kayak gituh, sedangkan aku udah ngebet mau ngerilis software aku ke public , so ?? kumaha mang ?? Hmm… jawabnya yah make software jadi yang kerjaannya ngelindungin exe kitah… kayak yang udah kita sebutin diatas.. Tapi Ga ada gading yang tak Retak ( cieeeeee…. ) Software kayak gini hanya mempersulit untuk unprofessional cracker, jadi suatu saat pasti ditemukan jugak cara buat ngebalikinnya ke file asalnya… Tapi paling gak , file kita gak Telanjang, yah selayaknya orang tua kalo dianalogikan sebagai programmer dan anak sebagai filenya . Sebagai orang tua kita harus membekali anak kita kekebalan terhadap pengeruh buruk luar dan mempersiapkan mereka agak bisa bertahan diluar penjagaan mereka. So begitu jugak ama file kita. Yaudah disini aku bakal nyontohin cara make software bikinan aku , yang kukasi nama Gie Protector ini versi 0.2 , donlot ajah disinih http://nebeng-di.awardspace.com , okeh aku anggap kalian semua udah download , dan pastiin checksum(MD5 & CRC32) semuanya bener. Karena aku ga jamin semuanya berjalan lancar jika checksumnya ga bener, kalo masih salah , dan bermasalah yah donlot lagih… oyah ini hanya jalan di kernel NT . Jadi pengguna Win 9x mohon maap. Kalo udah ada trus diextrak rar nya , trus jalanin gp.exe nya.

+ Kalo udah disini berarti berhasil , trus yah .. gunakan instingmu untuk menjalankannya… aku udah capek2 bikin supaya mudah digunakan toh .. ?? hehehe.. Setelah itu lihatlah hasil exe nya yang udah diprotect make Gie Protector , Selain ukurannya lebih kecil , juga terproteksi . Disana kamu bisa memilih opsion kompresinya.. Dari yang pake Algo LZMA sampe yang nyobain Kompresi Extrim . Yah pokonya mah cobain lah sendiri… Oya.. coba hasil kompresi tadi kamu cek pake PEiD lagih hasilnya adalah “Nothing Found * “ artinya patternnya gak dikenal, dan paling gak bisa mempersulit pengidentifikasian.

+ Aku rasa udah cukup deh… Met Tahun baru yah… 2008 dan met kenal buat semua , maaf kalo gak menyenangkan , aku hanya ingin kalian merasa akrab sama aku , itu aja kok… makasih yah…

http://ic2000.wordpress.com/2008/01/15/melindungi-file-exe-portable-executable/

0 Response to "Melindungi file exe"

Posting Komentar