Cara aman berbelanja online

Sebenarnya, berbelanja lewat online juga aman, kok, asal tahu kiat-kiatnya. Berikut adalah tips berbelanja online yang aman disadur dari Chip.co.id.

1. COD (Cash on Delivery)

Cara ini memang paling aman. Setelah deal via online, penjual dan pembeli ketemu langsung ditempat yang telah ditentukan. Umumnya orang lebih suka memakai cara ini dalam membeli barang yang harganya mahal.

2. Transfer

Pembeli mentransfer uang yang disepakati setelah transaksi deal kemudian barang dikirim oleh penjual. Jika menempuh cara ini, kita harus berhati-hati. Pastikan dulu track record si penjual benar-benar terpercaya. Kalau ada keraguan tentang si penjual, lebih baik hindari.

3. Rekening Bersama (Rekber)

Memakai jasa pihak ketiga atau yang biasa disebut rekber (Rekening Bersama). Jasa ini akan menjadi perantara penjual dan pembeli dengan konfirmasi. Cara kerjanya adalah, pembeli melakukan konfirmasi sudah melakukan transfer ke rekening bersama yang dituju, lalu pihak ketiga memberi tahu penjual bahwa pembeli sudah melakukan transfer dan meminta pembeli untuk segera melakukan pengiriman barang. Setelah barang sampai sesuai kondisi dan konfirmasi pembeli, maka penjual dapat mencairkan uang pembeli dari pihak ketiga atau penyedia jasa Rekber. Biasanya penyedia jasa rekber mendapat komisi dalam jumlah tertentu.

4. Website resmi

Berbelanja di website atau perusahaan resmi yang dapat dipercaya untuk melakukan transaksi jual beli online. Contoh website atau perusahaan jual beli online yang sudah dipercaya adalah Lazada, BliBli, Zalora, dan Rakuten. Perusahaan-perusahaan tersebut sudah memiliki track record yang baik dalam transaksi jual beli online.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara aman berbelanja online"

Posting Komentar