Cara mengenali arti Kode Label pada Buah

Buah buahan yang dijual di pasar buah atau supermarket pasti terdapat kode yang tertera pada label buah, dari kebanyakan orang yang mengabaikan hal tersebut, ternyata kode label pada Buah ada arti dan maksudnya loh.....

Kode yang dikenal dengan sebutan price look up (PLU) ini diberlakukan oleh international federation of product standard (IFPS) untuk memudahkan konsumen mengenali produk yang akan dibeli. Melalui kode yang tertera pada label buah atau sayur kita bisa dengan mudah mengenali apakah buah tersebut organik atau tidak. Berikut penjelasan kode label yang terdapat di buah  yang dimuat dari tipsiana.com

Kode PLU terdiri dari 5 digit angka dan IFPS mengeluarkan pedoman pemakaian kode PLU yang dibagi menjadi 3 kategori, dimulai dengan angka : 

- 0 (nol) atau tidak dituliskan sama sekali sehingga angka yang tertera menjadi 4 digit. Buah atau sayur yang berlabel dengan kode ini biasanya ditanam secara tradisional dan sarat akan pestisida dan bahan kimia lainnya. Buah atau sayur dengan kode ini bersifat non organik dan tidak memenuhi syarat aman dikonsumsi.

- 8 (delapan). Angka delapan pada kode buah menunjukkan bahwa buah tersebut berasal dari rekayasa genetika dengan menggunakan teknologi untuk menghasilkan buah yang lebih baik lagi. Namun buah dengan hasil rekayasa  genetik dikhawatirkan akan membahayakan kesehatan bagi yang mengkonsumsinya.

- 9 (sembilan). Produk buah dan sayur yang berawalan angka 9 merupakan buah yang ditanam secara alami dan tanpa penggunaan pestisida ataupun bahan kimia lainnya. Bisa dikatakan buah tersebut bersifat organik. 

Dari 3 kategori kode diatas dapat disimpulkan bahwa buah atau sayur yang dimulai dengan angka 9 adalah buah yang paling aman dikonsumsi karena sifatnya organik. Bila anda mementingkan kesehatan sebaiknya menghindari atau mengurangi konsumsi buah dengan kode berawalan 0 dan 8. 


Namun bila terpaksa mengkonsumsinya sebaiknya lakukan hal dibawah ini :
Merendam buah atau sayur dalam air tanpa dipotong terlebih dahulu, bisa juga dengan menambahkan larutan pencuci sayur dan buah. Menguliti kulitnya sebelum dikonsumsi. Menyimpannya terlebih dahulu, karena setelah 15 hari kadar pestisida pada buah akan berkurang.

0 Response to "Cara mengenali arti Kode Label pada Buah"

Posting Komentar