Sabtu, 20 April 2013

Kain Songket Khas Palembang


Indonesia kaya sekali dengan aneka ragam kebudayaan daerah, diantaranya kain - kain khas daerah yang memiliki corak serta bahan khas dari daerah masing - masing. Sebagai orang Indonesia, tentu kita sangat bangga dengan aneka ragam kain daerah yang ada di Indoensia ini. Beberapa daerah di Indonesia memiliki kain khas daerah yang berupa kain tenun. Seperti kain tenun Troso - Jepara, kain songket Palembang, dll. Walaupun sama - sama dibuat dengan cara ditenun, namun setiap daerah memiliki corak yang berbeda. Begitu pula dengan kain songket Palembang.
 
Kain songket merupakan sejenis kain tenun tradisional yang dibuat / ditenun dengan menggunakan tangan (handmade). Kain songket Palembang ini biasa digunakan di acara - acara resmi. Bahan utama dari pembuatan kain songket Palembang ini berupa benang emas dan benang perak sehingga kain songket Palembang ini memang akan terlihat sangat 'blink-blink'. Coba kita 
perhatikan busana pengantin Palembang yang menggunakan kain songket Palembang sebagai bahan dasarnya. Sangat mewah bukan? karena warna emas dan perak yang mendominasi busana pengantin tersebut.
 Kain songket palembang tidak hanya digunakan sebagai bahan dasar pakaian saja. Namun terkadang juga digunakan sebagai bahan pembuatan aksesoris rumah yang dipajang di dinding rumah atau yang biasa disebut dengan tapestry. Nah, cara perawatan kain songket Palembang ini tergolong sangat unik karena tidak semua kain songket Palembang bisa dicuci. Kalau kita melakukan salah perawatan malah bisa mengakibatkan kain songket Palembang tersebut rusak.
 
Kain songket Palembang yang terbuat dari bahan katun biasanya mudah luntur bila terkena air secara berlebihan. Oleh karena itu, kain songket Palembang dari bahan katun ini cara mencucinya cukup dicelup ke dalam air dan segera dikeringkan. Setelah menggunakan pakaian dari kain songket Palembang jenis ini, perhatikan lipatan pada bagian pinggang yang sering luntur. Sedangkan untuk kain songket palembang dari bahan sutera, bisa dicuci seperti biasa namun pada saat mengeringkan jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung. Cukup diangin - anginkan saja. Untuk urusan setrika, semua jenis kain songket bisa disetrika, namun yang disetrika hanya pada bagian dalam saja. Hindari suhu setrika yang terlalu panas supaya kain songket Palembang tidak rusak. Dengan perawatan yang tepat, maka kain songket Palembang kita akan bisa berumur panjang.

0 komentar:

Poskan Komentar