Tips Yang Liburan Yang hemat dan Bermanfaat

Ingin melepas kejenuhan dengan liburan setelah menjalani ujian akhir? Boleh-boleh saja, apalagi jika liburannya bermanfaat dan tidak menguras kantong. Semua orang butuh liburan, untuk melepaskan diri dari kegiatan rutin sehari-hari. Liburan bisa dilakukan dengan teman atau bersama keluarga. Nah, berikut ini ada tips buat kamu dalam mempersiapkan liburan yang bermanfaat dan juga hemat.

Pertama, jika mempunyai rencana liburan, persiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari sebelumnya. Waktu persiapan yang panjang akan lebih baik. Apalagi jika liburan keluar kota dalam jangka waktu yang lama, sisihkan pendapatan atau uang saku bulanan kamu dari sekarang sampai menjelang keberangkatan. Sesuaikan anggaran dengan besarnya pendapatan kamu per bulan. Ingat, persiapan yang matang akan menghasilkan rencana yang sempurna.

Kedua, mungkin banyak dari kamu yang menginginkan membeli paket murah dari penyelenggara travel agent. Tapi bila kamu mengambil keputusan untuk berlibur sendiri, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat tujuan yang nantinya akan dikunjungi. Hal-hal yang perlu diketahui dalam merencanakan liburan sendiri  meliputi  informasi mengenai akomodasi, transportasi dan tentu saja termasuk biayanya. Kalau perlu catat dengan seksama rute perjalanan yang akan kamu tempuh, berapa lama sampai di tempat tujuan dan tempat mana saja yang ingin dikunjungi.

Ketiga, untuk membantu menghemat pengeluaran, kamu bisa menginap di rumah kerabat, teman ataupun kenalan yang dekat dengan tempat tujuan. Seperti diketahui, biaya menginap merupakan budget yang paling besar dalam liburan. Sebagai alternatif, manfaatkan juga paket promosi dari travel agent, tapi hati-hati juga memilih travel agent, jangan terjebak dengan paket promosi yang murah. Coba teliti apakah paketnya sudah termasuk tiket, biaya memasuki tempat wisata, makan, menginap.Bandingkan paket harganya dengan travel agent lain, apakah harganya realistis. Pilihlah agent yang mempunyai reputasi bagus. Boleh pilih yang murah tapi berkualitas.

Keempat, carilah tempat rekreasi yang tepat. Kunjungi tempat wisata yang benar-benar bagus, unik dan mempunyai nilai manfaat, contohnya berkunjung ke daerah wisata pengrajin batik di Yogyakarta, antara lain di daerah Giriloyo, Pucung dan Bantul. Kita bisa berwisata sambil belajar membatik sekaligus membeli hasil batik karya kamu sendiri di sana.

Kelima, mencari tempat makan atau warung makan juga harus sesuai dengan anggaran kamu. Hindarilah memilih tempat makan yang jauh dari tempat menginap. Cari tempat makan yang dekat dengan tempat menginap. Dengan begitu kita akan menghemat ongkos dan waktu perjalanan. Semakin jauh tempat makan dari penginapan maka semakin besar ongkos yang mesti dikeluarkan.Atau bisa juga berkunjung ke tempat kerabatmu, sebelum mampir ke tempatnya seyogianya membuat janji terlebih dulu.

Keenam, usahakan untuk berbelanja buah tangan di pasar tradisional dan bukan di tempat tujuan wisata. Biasanya berbelanja di tempat wisata jauh lebih mahal, apalagi kalau tempat itu ramai dikunjungi oleh turis asing. Mengunjungi pasar-pasar tradisonal untuk berbelanja oleh-oleh tentu akan sangat menyenangkan dan jadi pengalaman tersendiri. Selain itu berbelanja di pasar tradisional harganya lebih murah.

Ketujuh, bawalah makanan kecil atau snack untuk bekal dalam perjalanan. Bawa tas dengan kapasitas yang sedang. Jangan terlalu besar, sebab tas terlalu besar akan merepotkan. Roti dan air putih mungkin bisa dibawa dalam perjalanan untuk menghemat biaya. Membawa jajan sendiri bisa menghindarkan kamu dari kemungkinan sakit perut akibat jajanan yang kurang sehat di perjalanan.

Kedelapan, membawa uang saku secukupnya. Manfaatkan fasilitas ATM agar uang yang dibawa tidak terlalu banyak. Ini akan menghindarkan kamu dari bahaya kejahatan. Biasakan juga untuk mencatat semua pengeluaranmu selama di perjalanan supaya budget selalu terkontrol dengan baik.

Kesembilan, selalu jaga stamina tubuh. Untuk bisa menikmati liburan, kondisi badan harus dalam keadaan sehat. Sementara selama liburan pola makan kamu tidak teratur dan tubuh mudah lelah karena perjalanan dan beban barang bawaan atau oleh-oleh. Siapkan suplemen khusus untuk menjaga stamina tetap fit. Obat flu, minyak angin, obat penambah darah bisa dibawa.
Nggak asyik dong, kalau liburan kamu malah sakit.

Kesepuluh, jika anggaran tidak mencukupi untuk bepergian jauh carilah tempat wisata di dalam kota. Banyak tempat alternatif  kok yang bisa dipilih selain ke luar kota. Rumah kita sendiri pun juga bisa dijadikan tempat rekreasi. Misalnya adakan acara di rumah dan undang teman-teman kamu untuk ngumpul bareng. Kamu pun bisa menikmati suasana bersama teman-teman. Kalau halaman rumahmu luas dirikan tenda untuk menginap lalu kalian bisa menikmati pisang atau jagung bakar bersama-sama. Pilihan liburan yang lain adalah berkunjung ke lembaga sosial sambil mengadakan bakti sosial, bakti sosial bisa melatih kamu untuk peduli dan berbagi dengan orang lain yang membutuhkan..

Kunci liburan sebenarnya ada dalam pikiran kamu. Berpikir positif dan selalu kreatif akan membuat kita merasa bahagia. Liburan pun akan terasa sangat menyenangkan.

2 Responses to "Tips Yang Liburan Yang hemat dan Bermanfaat"

  1. wkwkwkwkwk... menginap di tempat sahabat.. oke boleh juga tuch tipsnya sob..?

    oya followback sukses sobat,,

    BalasHapus