Cara menjaga stamina saat menstruasi

Setiap wanita lumrah mengalami suatu hal yang dinamakan menstruasi yang mana terjadi rutin perbulannya  Memang bagi beberapa wanita ada yang rutin mendapatkan masa menstruasinya setiap bulan, tetapi ada juga berbeda-beda setiap bulannya dengan siklus menstruasinya tidak teratur.

Saat menstruasi pasti akan mengalami kondisi yang tidak nyaman seperti nyeri berlebihan atau hal lainnya. Hal ini kerapkali dialami oleh para wanita, terlebih jika mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur.  Penyebab menstruasi yang tak lancar juga bisa diakibatkan oleh berbagai hal, seperti kurang berolahraga, mengonsumsi minuman beralkohol, sering merokok, dan juga stress yang dialami.

Oleh karena itu, untuk menghindari adanya kondisi tersebut saat menstruasi.

Berikut adalah hal-hal penting yang perlu diperhatikan saat terjadi menstruasi yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

Berolahraga secara teratur

Saat terjadi menstruasi, umumnya wanita akan malas berolahraga. Hal ini perlu anda ketahui bahwa justru dengan berolahraga secara teratur kita masih bisa melakukan berbagai aktivitas di luar dengan kondisi tubuh yang sehat. Dengan berolahraga secara teratur setiap hari juga bermanfaat untuk melemaskan seluruh bagian otot dan persendian yang dapat mengurangi penimbunan cairan pada tubuh.

Konsumsi multivitamin setiap hari

Perbanyaklah mengkonsumsi multivitamin untuk menjaga stamina anda ketika datang bulan atau menstruasi. Multivitamin seperti vitamin E, vitamin B, mineral zinc dan magnesium sangatlah penting untuk dapat meregangkan bagian otot di dinding rahim dan mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan.

Rajin menjaga kebersihan

Saat menstruasi, kita juga diharuskan untuk menjaga kebersihan terutama untuk di daerah kewanitaan. Biasakanlah mengganti pembalut 2 jam sekali, membilas dengan air bersih, dan gunakan celana dalam yang baik yang terbuat dari bahan katun berkualitas.

Banyak mengonsumsi makanan sehat

Ketika datang bulan atau menstruasi ada baiknya perbanyaklah mengonsumsi makanan sehat, berikut :

Sayuran hijau seperti brokoli yang terbukti efektif untuk melancarkan siklus menstruasi.
Ikan salmon yang kaya akan vitamin D dan kalsium bisa memperkuat tulang dan menstabilkan hormone di dalam tubuh.
Susu kacang yang merupakan sari dari kacang kedelai selain terasa lezat, juga memiliki banyak manfaat untuk melancarkan menstruasi.
Telur rebus juga bisa menanggulangi rasa nyeri pada menstruasi karena banyak mengandung vitamin, kalsium, dan protein.
Makanan yang mengandung kalsium seperti tempe, tahu, ikan sarden, dan havermuts. Dengan mengonsumi makanan tersebut, terbukti ampuh dalam mengurangi rasa sakit dan kekejangan otot yang bisa saja timbul pada saat menstruasi.
Berbaring di tempat datar

Beristirahatlah yang cukup dengan berbaring di tempat yang datar. Hal ini dimaksudkan untuk melonggarkan celana yang sedang digunakan agar tidak terlalu menekan perut.

Selain hal-hal diatas anda juga dapat melakukan dengan meminum obat penghilang rasa nyeri pada perut, tentu saja setelah anda berkonsultasi pada dokter ahli. Sebelum melakukan berbagai aktivitas sebaiknya kita menarik nafas panjang terlebih dulu, lalu tahan selama beberapa saat, dan lakukan minimal dua kali.

Selain itu,  sebelum tidur kita bisa menggunakan minyak gosok dan pijatkan secara perlahan-lahan untuk membuat rahim dan otot perut menjadi rileks. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara menjaga stamina saat menstruasi"

Posting Komentar