Cara mengatasi insomnia

insomnia sering di alami bagi beberapa orang yang tidak memperhatikan pola hidup sehat mereka danInsomnia terjadi ketika seorang mengalami masalah psikologis atau menderita suatu penyakit.orang yang memiliki insomnia mayoritas mengkonsumsi obat penenang atau obat tidur yang mudah di dapatkan diapotik. 
Tetapi itu bukan solusi yang baik, obat tidur atau obat penenang hanya akan merusak kesehatan kita.

Ini dia penyebab insomnia .

1. Insomnia timbul disebabkan Gaya Hidup yang tidak teratur.
seorang yang menderita penyakit insomnia disebabkan oleh beberapa faktor seperti keseringan main game, membuka internet, menyaksikan televisi, terlalu sering mengerjakan sesuatu hingga larut malam, tidur dengan perut kosong, mengkonsumsi alkohol atau nikotin, sering makan pada saat akan tidur, dan lain sebagainya.

2. Menderita Insomnia Karena terganggu secara Psikologis  dan Emosional.
Memiliki masalah yang tidak sedikit  membuat seseorang sulit untuk tidur dan kemungkinan akan menghantui saat berbaring di tempat tidur.

3. Banyak pendapat mengatakan Insomnia terjadi karena obat tertentu
Rasa Perih, sesak, nyeri dan rasa lainya biasanya ditimbulkan oleh beberapa penyakit seperti sakit kepala, penyakit asma, jantung, maag dan menderita stroke etrkadang dapat membuat anda susah tidur. Efek dari obat tersebut ada yang bersifat seperi kafein yang membuat anda selalu berpikir macam-macam.

4. Insomnia ditimbulkan oleh Lingkungan yang tidak kondusif
Kondisi lingkungan yang mengangu aktivitas sehari-hari dapat menyebabkan seseorang kesusahan dalam tidur. Lingkung tersebut dapat berupa lingkungan yang dekat dengan rel maupun stasiun kereta api, dekat dengan bandara, warga yng kurang ramah (sering membuat keributan) dan lain-lain. Lingkungan ini berpotensi menyebabkan penyakit insomnia.

5. Insomnia disebabkan oleh kelainan fisik, Insomnia disebabkan oleh kondisi jiwa, Insomnia disebabkan oleh menahan rasa kantuk yang berulang-ulang. 

Tips Mudah Menghilangkan susah tidur (insomnia) tanpa Obat antara lain :

1. Jika penyebab utama anda menderita insomnia adalah gaya hidup yang teratur maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengubah pola pikir anda yang tidak sehat menjadi pola pikir hidup sehat. Memperhatikan waktu istrahat dan waktu bekerja, menghindari hal-hal yang dapat membahayakan tubuh (rokok, alkohol dan nikotin), menghindari cahaya langsung dari laptop, dll. Intinya membiasakan diri hidup sehat dengan teratur. Baca lagi penyebab insomnia karena gaya hidup (di atas).

2. untuk mengatasi insomnia pengaruh obat obatan saya menyarankan anda untuk menghubungi dokter terlebih dahulu. Dengan menyampaikan keluhan dan permasalahan yang menyebabkan anda kesusahan tidur, dokter akan memberikan pemecahan masalah yang sesuai dengan prosedur mereka.

3. Dalam menghadapi masalah yang rumit dan membuat beban pikiran di setiap saat. Langkah awal yang harus anda lakukan adalah janganlah berlarut-larut dalam masalah tersebut. Memulai dengan menanamkan dalam benak bahwa semua orang memiliki masalah. Sebisa mungkin mengubah masalah tersebut menjadi tantangan baru yang harus diselesaikan. Dengan bgtu insomnia dan susah tidur akan teratasi. Jika hal ini masih kurang dan mengalami sesuatu yang dapat membahayakan psikologis anda maka saya menyarankan anda untuk menghubungi ahlinya (psikiater)

4. untuk menghindari insomnia karena lingkungan hal yang saya sarankan adalah memperhatikan tatacara tidur anda. Carilah posisi tidur yang menyenangkan walaupun dalam keadaan berisik. Namun jika kebisingan menjadi masalah utama maka saya menyarankan buatlah sebuah ruangan yang dapat mengatasi segala suara dari luar. Lebih ekstrim lagi carilah lingkungan yang aman dan tdak berisi. Jika kesusahan tidur dalam kondisi panas maka ac dan kipas angin sebagai solusi, jika kedinginan menjadi problam dalam tidur anda maka maka siapkanlah selimut dan baju yang tebal.

Tips lain nya untuk mengatasi insomnia :

√ kurangi waktu tidur siang
√ mandi dengan air hangat
√ membaca buku saat ingin tidur   secara berulang-ulang
√ Berdoa Sebelum Tidur
√ Rutin berolahraga untuk melancarkan peredaran darah
√ Tidur di ruangan bersuhu dingin
√ Hindari Cahaya Saat Tidur
√ Hindari Untuk Terus Melihat Ke Arah Jam Anda
√ Atur Jadwal Tidur
√ Relaksasikan Pikiran Anda Sebelum Tidur.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara mengatasi insomnia"

Posting Komentar