Manfaat sunat bagi kesehatan pria maupun wanita

Manfaat sunat yang utama adalah menjaga kebersihan organ penting pria, mencegah infeksi pada penis, mencegah kanker penis, dan mengurangi risiko penyakit seperti HIV. Tujuan Sunat adalah untuk menghindari penumpukan kotoran pada kulup. Sisa-sisa urine setelah buang air kecil dapat menempel pada kulit kulup penis yang bila menumpuk dapat menyebabkan iritasi dan penyakit. Menurut dokter penyakit kelamin dan urologi, kulup yang jarang dibersihkan maka tumpukan kotoran atau smegma ini menjadi tempat favorit mikroorganisme dan juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker penis.

manfaat sunat bagi kesehatan pria maupun perempuan

Bagian ujung alat reproduksi pria merupakan tempat yang sensitif namun dapat menjadi tempat favorit tumbuhnya banyak bakteri. Jika tidak sunat, organ penting pria tersebut berisiko menderita peradangan yang dapat mengakibatkan masalah pada alat reproduksi. Laki-laki yang kulupnya sempit atau ketat menunjukkan ia mengalami kondisi yang disebut Phimosis.  Kondisi ini membuat kotoran hasil pengeluaran kelenjar pada dinding kulup bagian dalam yang disebut smegma menumpuk di sekitar kepala penis. Jika dibiarkan, bakteri penyakit yang berkembang biak hingga menyebar ke saluran kencing dan mengakibatkan infeksi. Solusi untuk mencegah hal tersebut tidak terjadi  yang paling baik adalah sunat.

Sunat merupakan sebuah proses pembuangan kulit penutup kepala penis atau kulup laki-laki. Di Indonesia, manfaat sunat sangat disadari oleh sebagian besar masyarakat. Sunat wajib hukumnya bagi agama Islam dan beberapa agama lain. Walau tindakan potong kulup penis terdengar mengerikan, namun penelitian medis menunjukkan sunat sebenarnya memiliki manfaat bagi kesehatan.

Semoga beramanfaat .

0 Response to "Manfaat sunat bagi kesehatan pria maupun wanita "

Posting Komentar