5 Manfaat Senam Ibu Hamil dan Cara Melakukannya

Senam ibu hamil bisa jadi merupakan cara alami yang paling efektif dalam mengurangi rasa sakit maupun memperlancar proses persalinan yang akan dialami. Bagi wanita yang sedang hamil, persalinan umumnya menjadi momentum yang paling mendebarkan. Pada saat itu, tak hanya rasa sakit, namun nyawa pun dipertaruhkan untuk mendapatkan momongan yang diharapkannya.

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari senam ibu hamil,  sebagai berikut :
 
  1. Untuk melatih teknik pernafasan yang baik terutama dalam menghadapi persalinan nantinya. Dengan latihan ini, maka anda dapat mengatur asupan oksigen agar persalinan dapat berlangsung lancar tanpa kendala.
  2. Untuk mengatasi dan menghilangkan rasa pegal maupun untuk mengurangi rasa nyeri pada pinggang akibat beratnya beban yang dibawa dalam rahim. Melakukan senam ibu hamil akan dapat melenturkan otot dan sendi yang kaku agar menjadi lebih rileks.
  3. Senam hamil juga sangat bermanfaat untuk membuat pikiran menjadi lebih tenang, sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Pola tidur ibu hamil yang baik akan akan membantu membuat tubuh menjadi lebih tenang dan lebih nyaman.
  4. Untuk membantu meningkatkan kekuatan psikologis ibu agar lebih lebih tabah dalam menjalani kehamilannya. Bayangan dan kekhawatiran terhadap berbagai risiko saat persalinan nantinya dapat lebih ditekan jika psikologis ibu lebih stabil.
  5. Untuk membantu melancarkan saat proses persalinan, terutama untuk mengurangi rasa sakit.Cara Melakukan Senam Ibu Hamil

Seperti halnya senam lainnya, senam ibu hamil juga merupakan latihan fisik yang memberikan banyak manfaat seperti telah diuraikan di atas. Sesuai namanya, senam ini memang khusus untuk ibu hamil yang dilakukan dalam waktu tertentu. Meskipun tak ada ketentuan standar kapan sebaiknya senam ini dilakukan ibu hamil, namun kalangan medis umumnya menekankan agar senam ini dilakukan setelah kehamilan berusia 22 minggu. 
 

Untuk melakukan senam ibu hamil, berikut beberapa gerakan yang umumnya dilakukan.

  • Posisi Tidur – Sambil terlentang di atas alas yang tidak terlalu keras, letakkan kedua kaki di atas kursi dengan posisi pinggang masih di lantai. Setelah itu angkat pantat dengan siku lengan sebagai tumpuan. Lakukan gerakan ini secara perlahan selama sekitar 1 menit dalam 8 set latihan.
  • Posisi Duduk – Dengan posisi duduk bersila dan badan tegap, arahkan kedua lengan menghadap ke depan. Bisa juga hal ini dilakukan dengan kaki direntangkan selebar mungkin namun dengan posisi badan tetap tegak. Setelah itu condongkan atau bungkukkan badan ke depan beberapa derajat secara perlahan dan kembali ke posisi tegak.
  • Posisi Berdiri – Dengan berdiri, pegang dan angkat barbell seberat 0,5 hingga 1 kg di samping kepala dan lakukan gerakan dengan mengatupkan kedua lengan dan membukanya kembali secara berulang. Setelah itu angkat kedua tangan dengan bean itu ke atas dan kembali ke samping kepala juga secara berulang. Lakukan gerakan senam ibu hamil ini setidaknya 10 kali .
semoga bermanfaat & terima kasih.

0 Response to "5 Manfaat Senam Ibu Hamil dan Cara Melakukannya"

Posting Komentar