manfaat olah raga berjalan bagi ibu hamil


Portwarta - Masa kehamilan bagi sebagian wanita memang terasa menyenangkan, namun akan ada beberapa aktivitas yang tentu tidak boleh untuk dilakukan demi menjaga kehamilan tersebut. Berbagai aktivitas, terutama aktivitas berat mendapat larangan keras untuk dilakukan, namun tentunya ibu hamil pun harus tetap menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga, salah satunya adalah olahraga berjalan.

Olahraga berjalan memiliki banyak manfaat, namun ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter untuk memastikan agar Anda tidak mengalami masalah terkait kehamilan. Berjalan memang dapat menjadi alternatif bagi para ibu hamil karena selain mudah untuk dilakukan, manfaat yang akan didapat pun sangat besar hampir tanpa risiko.
manfaat nya sebagai berikut :

Olahraga berjalan membuat stamina ibu hamil tetap terjaga, terlebih lagi jika dilakukan secara terus menerus. Dampak dari dilakukannya olahraga ini secara teratur akan terasa saat proses persalinan berlangsung. Tentunya Anda ingin ‘kan persalinan yang Anda alami berjalan dengan lancar?
Paru-paru dan jantung menjadi lebih kuat dengan dilakukannya olahraga ini. Ibu hamil pun akan senantiasa terbiasa untuk aktif bergerak.

Dengan olahraga berjalan, otot kaki yang sering digunakan akan menjadi kuat. Selain itu, bagian panggul yang berperan penting dalam proses persalinan pun akan turut menjadi kuat.
Sebelum melakukan olahraga berjalan, Anda dapat mencoba tips berikut:

Berkonsultasi pada dokter untuk memastikan bahwa Anda memang benar-benar diijinkan untuk melakukan kegiatan ini. Jangan sampai olahraga berjalan yang Anda lakukan justru berakibat buruk bagi kehamilan.

Menggunakan sepatu yang pas dan lentur agar tidak mencederai kaki.
Berjalanlah pada permukaan yang rata dan tidak berbatu seperti trotoar atau jalan beraspal.
Usahakan untuk berjalan pada saat matahari tidak bersinar terlalu terik, seperti saat pagi hari atau sore hari.

Meminum air mineral sebelum dan sesudah melakukan kegiatan olahraga berjalan.
Ibu hamil yang melakukan aktivitas ini biasanya akan merasa lebih bahagia karena terhindar dari stres atau kebosanan karena selalu berada di dalam rumah.

semoga bermanfaat .

0 Response to "manfaat olah raga berjalan bagi ibu hamil "

Posting Komentar