Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan


Portwarta-Buah salak memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dibandingkan mangga. Maka tidak heran bila buah salak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Buah bersisik yang satu ini ternyata memiliki kandungan gizi yang baik. Salak memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Setiap 100 gram buah salak mengandung 77,0 kal kalori, 0,40 gram protein, 20,90 gram karbohidrat, 28,00 mg kalsium, 18,00 mg fosfor, 4,20 mg zat besi, 0,04 mg vitamin B, dan 2,00 mg vitamin C.


Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

Menjaga Kesehatan Mata
Buah salak mengandung betakaroten yang lebih besar 5,5 kali daripada  buah mangga dan 5 kali lebih besar daripada semangka.  Cobalah mengkonsumsi jus salak bisa menjadi alternatif dalam menjaga kesehatan mata anda.

Meningkatkan Kecerdasan Otak
Buah salak mengandung pottasium dan pektin. Pottasium dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom, yang merupakan pengendali detak jantung dan meningkatkan fungsi otak. Berdasarkan jurnal "Intregative Center Therapies" kandungan salak yang berupa pektin dapat mencegah dan mengobati kanker prostat.

Dapat Mengatasi Sembelit
Ada mitos yang mengatakan bahwa buah salak mengakibatkan sembelit. Tetapi mitos tersebut tidak benar, Menurut F.X Wahyurin Mitano, ahli gizi dari RSUD dr Soetomo mengatakan bahwa sebaiknya ketika mengonsusmsi buah salak jangan anda buang kulit arinya. Sebab kulit ari dalam buah itu adalah mengandung serat, kandungan serat itulah yang memungkinkan untuk mengurangi sembelit pada anda mengonsumsi buah salak. Salak juga memiliki kandungan tanin yang dikenal sebagai anti diare.

Membantu Program Diet
Buah salak mengandungzat gizi dan fitonutritien yang dapat membantu program diet. Selain itu salak juga mengandung vitamin C, serat, dan tannin. Serat dapat memberikan rasa kenyang lebih lama karena memerlukan waktu lebih lama untuk diserap oleh usus.
Daun salak dapat mengatasi penyakit ambeien yang belum parah
Bila anda memiliki penyakit ambeien cobalah membuat ramuan dari 3 helai daun salak, lalu rebuslah dengan segelas air, saring rebusan tersebut dan minumlah dengan gula merah. Minumlah dua kali sehari, pagi dan malam hari.

Kulit Salak 
berguna untuk mengobati penyakit diabetes kering dan menstabilkan tekanan darah tinggi ataupun tekanan darah rendah. Untuk mengobati penyakit diabetes kering dan menstabilkan tekanan darah, cobalah membuat ramuan dari kulit salak seperti berikut ini
Ambillah kulit buah salak secukupnya

1. Cuci dengan air sampai bersih

2. Kemudian masukkan ke dalam kuali 

3. Tuangkan dengan air secukupnya

4. Rebus menggunakan api kecil, sampai mendidih airnya

5. Saring dan minum airnya

6. Sehari minum 1 liter air rebusan kulit salak

7.Lakukan sampai 2 minggu tanpa putus, dan anda bisa buktikan hasilnya.

Selain buahnya, daun dan kulitnya pun dapat dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit. Anda dapat mencoba solusi-solusi yang sudah dipaparkan di atas.

semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 Response to "Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan"

Posting Komentar