Pentingnya Jaga Kesehatan Saat Liburan, Lakukan 7 Hal Ini

Liburan merupakan kegiatan yang menyenangkan, tapi Anda juga harus memperhatikan kesehatan agar bisa dinikmati secara maksimal. Anda tentunya tidak ingin momen liburan seru jadi terganggu karena tubuh yang kurang fit. Jangan sampai hal ini justru menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Kesehatan saat liburan sangatlah penting dimanapun Anda berada. Berikut tipsnya, seperti dikutip dari Shape.

1. Tetap Jaga Kebersihan
Untuk obat-obatan khusus, pastikan tetap berada pada kemasan aslinya, hal ini akan memudahkan Anda mencari di tempat asing. Saat di hotel tetap terapkan kebersihan selayaknya di rumah. Kasur yang disediakan mungkin terlihat bersih tapi tidak ada salahnya dibersihkan kembali agar tidak ada serangga yang membuat badan gatal-gatal. Simpan pakaian dalam atau baju kotor pada wadah yang tertutup rapat.

2. Camilan sehat
Sebaiknya membawa sendiri camilan sehat untuk berjaga-jaga selama perjalanan. Misalnya oatmeal dalam kemasan sachet. Anda bisa meminta pramugari menyediakan air panas untuk menyeduhnya. Makanan sehat lainnya, "Ketika beristirahat di tengah perjalanan pilihlah salad sebagai makanan sehat tanpa dressing berlebihan," ucap Elizabeth Somer, RD, seorang pakar kesehatan.

3. Tetap Steril
Selalu siapkan hand sanitizer untuk membunuh kuman-kuman yang ada di tangan saat Anda menyentuh kursi, pegangan kursi, kabin, dan benda-benda lain yang ada di pesawat, bus atau kereta api. Kita tidak tahu penyakit dan virus apa yang dibawa penumpang lain yang ribuan jumlahnya setiap hari. Biasakan mengelap meja atau nampan makanan dengan menggunakan cairan pembersih, bisa juga gunakan tisue basah antiseptik.

4. Cegah Pembekuan Darah
Sering sekali merasa pegal di kaki saat perjalanan panjang, usahakan berjalan-jalan kecil selama 10 menit setiap dua jam sekali. Jika menggunakan pesawat dan tidak memungkinkan untuk berjalan, gerakkan lutut ke atas dan bawah atau gerakkan kaki memutar untuk menghindari terjadinya pembekuan darah.

5. Hindari Mabuk Perjalanan
Untuk membuat perut tetap tenang batasi aktivitas yang bisa menstimulasi secara visual. Batasi penggunaan gadget terlalu lama atau membaca buku dengan kepala tertunduk. Bisa juga gunakan obat anti mabuk perjalanan yang diminum 30-60 menit sebelum perjalanan.

6. Menjaga Pola Tidur
Jangan mengorbankan awal perjalanan Anda akibat jetlag. Untuk mencegahnya perbanyak minum air putih agar kepala tidak terasa pening akibat dehidrasi. Saat sampai di tempat tujuan, tetap terapkan pola tidur yang baik. Pastikan tahu waktu yang tepat kapan Anda harus ke luar beraktivitas dan kapan waktu untuk istirahat di kamar hotel.

7. Pilih Tempat Penginapan yang Tepat
Saat memesan hotel pastikan kamar yang dipesan tidak mengganggu jam istirahat. Beri tahu secara detail kamar yang sesuai dengan kenyamanan Anda. Ruangan yang tidak menghadap jalan dan jauh dari lift dapat menjadi pilihan agar istirahat tidak terganggu. Malam hari biasakan untuk tidak menonton televisi terlalu larut atau berselancar di dunia maya, yang bisa mengganggu pola tidur. Bagaimana liburan bisa menyenangkan dan maksimal jika siang hari hanya dihabiskan di kamar hotel karena tubuh terlalu lemas dan ngantuk?

0 Response to "Pentingnya Jaga Kesehatan Saat Liburan, Lakukan 7 Hal Ini"

Posting Komentar