TIPS MEMPERBESAR MEMORY HARDISK WINDOWS XP


    TIPS MEMPERBESAR MEMORY HARDISK WINDOWS XP

Apabila anda menggunakan system operasi windows XP dan kapasitas hardisk anda semakin menipis, maka cobalah tips berikut ini.

Permasalahan.

· Ketika anda berpindah ke Windows XP dari Windows 98, tentunya anda merasakan perbedaan kapasitas hardisk yang tersisa setelah menginstall system operasi tersebut. Mengapa? Karena Windows XP memakan habis kapasitas hardisk sebesar 1,5 Gb, bagaimana jika hardisk yang anda miliki sekitar 6,4 GB. Tentunya akan memusingkan kepala bila ingin memakai program lain yang ternyata juga cukup besar.

TIPS 1:

Ø Cobalah memakai fasilitas yang disediakan Windows XP yaitu Disk Cleanup, yang dapat diakses melalui : Accecories>System Tools>Disk Cleanup.Ketika ditanya disk drive mana ingin dibersihkan, pilih C saja. Kemudian ada pertanyaan lain dimana Anda dapat memilih action apa saja yang dapat dilakukan untuk membersihkan spasi disk Anda.

Ø Jangan lupa pula untuk melakukan kompresi old file (file yang sangat jarang dipakai atau sudah lama tidak digunakan), membersihkan file temporary internet, dan temporary secara umum.

Ø Setelah menjalankan proses disk cleanup selama beberapa saat yang cukup lama (karena proses kompresi). Nantinya kapasitas hardisk anda akan bertambah secara signifikan, tetapi ukuran ini juga tergantung dari beberapa banyak file temporary yang ada, file-file yang jarang digunakan serta seberapa banyak file temporary internet dikomputer anda.

TIPS 2:

Ø Selain itu ada cara lain untuk meningkatkan spasi hardisk anda adalah dengan mengatur besar spasi hardisk yang dapat digunakan dengan System Restore . Meskipun fasilitas ini bagus, tetapi apabila anda perlu mengatur spasi hardisk yang digunakan oleh fasilitas ini sehingga tidak menghabiskan spasi hardisk dengan fasulitas yang jarang anda gunakan. Anda dapat mengaturnya melalui : Control Panel>System>Tab System Restore.

Ø Kemudian atus besar spasi pada masing-masing drive/partisi yang anda untuk digunakan oleh System Restore. Apabila anda yakin anda tidak pernah menggunakan System Restore, maka matikan aja fasilitas ini. Anda pasti akan mendapati lebih banyak spasi hardisk bila fasilitas ini dimatikan.

0 Response to " TIPS MEMPERBESAR MEMORY HARDISK WINDOWS XP"

Posting Komentar