PERMEN TRADISIONAL DARI BERBAGAI NEGARA

Permen memang identitk sekali dengan anak-anak. Namun tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga suka dengan permen, meskipun orang dewasa membatasi jumlah permen yang ia makan. 

Tapi siapa yang bisa menolak jika kalian disajikan permen-permen dibawah ini, permen tradisional enak yang sangat terkenal di negara asalnya. Sebuah permen menjadi khas karena ditiap-tiap negara mempunyai permen yang diolah secara tradisional dan permen tersebut secara tidak langsung dapat melambangkan negaranya masing-masing. Berikut informasinya: 

1. Li Hing Mui (China) 

Sebenarnya permen khas ini dibuat dari buah plum kering dan diberi bubuk Li Hing yang rasanya manis, asam dan asin. Kombinasi rasa ini menciptakan rasa yang kuat yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit tenggorokan. Permen ini awalnya hanya ada di negara China dan beberapa negara di Asia. Kemudian pada tahun 1900an, permen ini dibawa masuk pertama kali ke Hawaii oleh seorang imigran Asia yang bernama Yee Sheong. 



2. Ame Candy (Jepang)

 Permen ini berasal dari Kyoto, Jepang. Permen tradisional Jepang ini sangat terkenal indah dan penuh warna yang dibungkus dalam tempat yang begitu cantik dan memikat hati. Permen ini terbuat dari gula murni dengan rasa asli gula, tapi ada juga yang dibuat dengan menggunakan rasa buahan. 






3. Canadian Maple Candy (Kanada) 

Permen ini terbuat dari sirup maple, dibuat secara tradisional di rumah dan sudah jadi budaya bagi mereka. Permen maple Kanada ini mempunyai bermacam-macam istilah seperti “Mapple Taffy” atau “Sugar on Snow”. Nama yang unik ini dinamakan seperti itu karena permen ini sendiri terbuat dari sirup maple yang direbut sampai mengental dan terakhir dituang diatas salju bersih. 




4.Bbopki (Korea) 

Permen tradisional dari negara Korea ini terbuat dari gula yang dikaramelkan dan baking soda. Bbopki biasanya dibentuk jadi bulat dan dicetak ke tongkat seperti Lollypop. Dan permen ini biasanya dijual di jalanan kota Korea. 

5. Nougat (Perancis) 

Jika Anda mempunyai kesempatan untuk bersinggah di negara Perancis, jangan lupa untuk mencicipi permen traditional bernama Nougat ini. Permen yummy ini diolah menggunakan gula atau madu, kacang pistachio, almond, hazelnut dan serta buah-buahan kering lainnya. Tekstur Nougat ini berbeda-beda, ada yang lunak ada yang keras tergantung bahan yang dipakai. Tidak hanya tekstur, warnanya pun bisa berbeda. Nougat putih terbuat dari putih telur, sedangkan Nougat cokelat dibuat dari gula caramel dan lebih kriuk kriuk saat dikunyah. 

6. Gummy Bear (Jerman) 

Permen ini berbentuk penmen ‘gelatin lengket’ yang digemari di banyak negara. Permen empuk ini diciptakan oleh Hans Riegel dari kota bonn di Jerman pada tahun 1922. Si mungil berwarna warni ini aslinya bernama Gummibar atau Gummibarchen yang dalam bahasa Inggris menjadi Gummy Bear. Ketenaran permen ini mencapai negara Amerika Serikat. Di sana Gummy Bear mempunyai 5 rasa khas, yaitu rapsberry (warna merah), jeruk (warna orange), stroberi (warna hijau), nanas dan lemon (warna kuning). 

7. Permen Jahe (Indonesia) 

Permen jahe memang merupakan permen yang tergolong kuno. Berbicara permen ini bukan hanya berbicara puluhan tahun lalu, tetapi ratusan tahun. Setidaknya permen ini sudah tercatat di dalam buku Island of Java karya John Joseph Stockdale, pelancong berkebangsaan Inggris dan pada tahun 1778, Belanda mengirim sebanyak 10.000 pon (atau sekitar 5.000 kilogram) produk yang disebut Ginger Candy dari Batavia ke Eropa. Makanan ini digemari di Eropa karena menyembuhkan kembung atau dalam istilah ilmiah disebut Flatulensi. Permen ini juga Cocok sekali untuk menghangatkan badan dan menyegarkan tenggorokan. Apalagi saat udara dingin. Asli permen ini asalnya dari Indonesia. Negara yang terkenal sebagai penghasil rempah-rempah.

sekian artikel kali ini, jangan lupa ya untuk membaca artikel-artikel menarik lain nya, jika anda menyukainya tinggal di like dan follow kami agar tidak ketinggalan mengikuti artikel-ertikel yang selalu di updat oleh portwarta. semoga bermanfaat ya.

0 Response to "PERMEN TRADISIONAL DARI BERBAGAI NEGARA"

Posting Komentar