Cara Mengatasi File dan Folder yang Di Hidden Virus pada Flashdsik

Portwarta-Kali ini penulis akan memberika saran bagaimana cara nya mengatasi file dan folder yang di hidden virus pada flashdsik. Mungkin banyak yang belum mengalami, atau sudah pernah mengalami tapi gak tau mengatasinya jadi langsung dianggap rusak flashdisknya atau gak di format.

Saya pernah ngalamain ini yang kayak gini, pas saya abis minta data materi kuliah sama temen kuliah tuh lancar-lancar saja saat pengcopian data, namun setelah saya buka di laptopku kok malah data-data dan file yang dikopi tadi siang hilang semua, cuma ada shortcut satu dan itu pun gak bisa dibuka. Selidik punya selidik itu di hiiden virus kata temen saya trus katanya ada cara kok munculinnya lagi, dan penulis pun googling dah eh ketemu dan berhasil, mumpung ini berhasil maka sekalian ane share aja dimari nih caranya versi portwarta.


1. Buka command prompt (cmd) anda dengan menekan shortcut keboard (Win + R) atau melalui Start –> Run ketik cmd, atau pilih menu Start –> All Program –> Accessories –> Command Prompt.

2. Setelah Command Prompt terbuka, dari cmd change directori dimana hardisk atau flashdik tersebut berada, misal untuk flasdisk yang ada di F. Maka pertama saya akan mengubah direktori yang ada di cmd ke direktori F dengan mengetikkan cd\ dan tekan enter, dan ketikkan f: maka command prompt akan megarahkan ke direktori F
Setelah cmd berada di direktori Fd ketikkan perintah seperti berikut attrib -s -h *.* /S /D dan tekan enter.

Informasi Tambahan:

Setelah membahas mengenai cara mengubah atribut file melalui CMD, pasti kalian penasaran bukan mengenai perintah Command diatas? Maka dari itu saya akan membahas apa saja fungsi dari command di atas.

attrib = adalah perintah dalam bahasa dos untuk memberikan attribut pada suatu file atau folder.

-s  = tanda minus (-) maksudnya menghapus dan huruf S artinya file system, jadi maksud dari tanda -s adalah menghapus attribut protected operating system.

-h = hampir sama seperti fungsi diatas, tanda -h berfungsi untuk menghapus attribut hidden atau mengubah file yang pada mulanya tersembunyi menjadi terlihat kembali

*.* = Tanda bintang (*) atrinya semua, sehingga yang dimaksud dari perintah ini adalah semua file atau folder yang memiliki semua ekstensi

/s = Artinya memproses semua file pada folder yang sama dengan lokasi file.bat dan juga semua subfolder yang ada didalamnya

/d = memerintahkan untuk memproses folder juga, maksudnya jika kita tidak menuliskan perintah ini maka hanya akan memproses semua file tanpa memproses folder.

Oke semoga berhasil ya, jangan lupa share dan like ya..

0 Response to "Cara Mengatasi File dan Folder yang Di Hidden Virus pada Flashdsik"

Posting Komentar