Tips Mengetahui dan Memilih Buah Alpukat Yang Matang dengan Baik

Portwarta-Alpukat adalah buah yang sudah mendarah daging untuk jus atau es, pasti tau lah, karena rasanya memang enak dan juga bisa untuk diet. Alpukat sudah banyak yang menjual dari pasar tradisional hingga mal.

Anda perlu hati hati untuk membeli buah alpukat karena sering terjadi kecurangan dalam dunia perdagangan, bukan menjadi rahasia lagi soal itu, ya kan? Oke langsung saja simak gimana cara mengetahui dan memilih buah alpukat yang matangnya tepat, tidak busuk atau tidak terlalu muda.


Baca juga:

1. Kulit Mulus
Buah alpukat yang kulitnya tidak rata, misalnya terdapat bercak atau bintik-bintik hitam menandakan kalau daging buahnya berserat dan sudah hampir membusuk. Buah alpukat yang baik teksturnya lembut tanpa serat.

2. Tekan Buah Alpukat
Cobalah untuk menekan buah alpukat sebelum membelinya. Buah yang baik itu masih keras. Kalau sudah lembek, meskipun dari luar belum terlihat busuk berarti tidak bagus lagi. Namun sayang beberapa pedagang nakal tetap menambahkan formalin di kulit buah agar terasa keras. Sehingga anda perlu lebih teliti lagi mana buah yang keras alami dan buatan.

3. Goyangkan
Buah alpukat yang sudah matang ditandai dengan biji yang tidak menempel. Nah, untuk mengetahuinya anda dapat menggoyang buah tersebut. Bila terasa bijinya bergerak berarti buah sudah matang.

4. Amati Warnanya
Bual alpukat yang berarna tua menandakan sudah membusuk. Pilih buah dengan warna hijau tua, terutama di dekat batang. Buah yang warnanya bercampur coklat sudah pasti hampir membusuk. Sedangkan buah yang terlalu muda masih belum masak.

5. Berat
Tanda lain kalau buah alpukat sudah masak adalah berat. Buah yang ringan menandakan daging buah tipis dan kemungkinan besar masih mentah. Banyak buah alpukat di pasaran yang dijual dalam keadaan mentah agar tidak mudah membusuk. Bila anda mendapati buah alpukat yang masih mentah, simpan di tempat gelap dengan koran. Hindari mencuci buah karena akan membuatnya busuk.

Begitulah caranya untuk mengetahui buah alpukat yang matang, jangan lupa like dan share ya..

0 Response to "Tips Mengetahui dan Memilih Buah Alpukat Yang Matang dengan Baik"

Posting Komentar